Jumat, 27 Oktober 2017

WOW! Tanpa Kita Sadari Makan Cabai Dapat Mencegah Kanker !!!


ResepsehatdariBunda - Semua sudah pada tahu kalau selesai jawaban ini harga cabai sedang meroket. Bahkan di beberapa tempat, harga sekilo cabai harus ditebus dengan harga 100ribu rupiah. Ada banyak faktor yang menghipnotis naiknya harga cabai ini, mulai dari demam isu hujan yang mempercepat busuknya cabai hingga rantai distribusi cabai yang masih acak acakan.

Uupppss, kali ini kita gak akan membahas lebih dalam perihal tingginya harga cabai tersebut, tapi mau mengabarkan studi terbaru perihal cabai yang terbukti berguna sebagai antikanker.


Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Ruhr, Bochum, Jerman, kandungan capsaisin pada cabai memiliki khasiat sebagai antikanker yang sangat bagus. Penelitian yang dipimpin oleh Doktor Hans Hatt dan Lea Weber ini mengungkapkan, capsaisin pada cabai menjadikan sel kanker melaksanakan tindakan bunuh diri atau dalam istilah sel disebut dengan apoptosis. Kondisi ini menjadikan pertumbuhan sel kanker terhambat terutama pada kanker payudara, kanker usus besar dan kanker pankreas.

Secara alami, capsaisin terdapat pada semua jenis cabai dan zat inilah yang memberi rasa pedas pada cabai. Capsaisin juga kerap ditambahkan pada produk salep untuk memperlihatkan sensasi pedas pada dikala dioleskan.

Pada studi sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas California, AS, efek antikanker capsaisin terutama pada kanker usus besar yaitu dengan cara merangsang reseptor nyeri sehingga memperlambat pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Pada studi ini juga disebutkan, capsaisin tidak hanya memperlambat pertumbuhan sel kanker tetapi juga memperpanjang keinginan hidup hewan coba hingga dengan 30%.

Meskipun hasil penelitian diatas cukup menjanjikan, tapi peneliti dari Jerman mengingatkan, penelitian ini masih sangat dini untuk mampu digunakan dalam pengobatan dan pencegahan kanker. Sebaiknya kita menunggu penelitian selanjutnya yang menguatkan hasil penelitian ini terutama efeknya pada manusia.

Yuk, mulai makan cabai untuk mencegah kanker.


Artikel Terkait

WOW! Tanpa Kita Sadari Makan Cabai Dapat Mencegah Kanker !!!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email