Selasa, 05 September 2017

Dengan Cara Ini Anda Bisa Melihat Kesehatan Tubuh dari Kuku Anda


ResepsehatdariBunda - Seringkali status kesehatan seseorang dapat terindikasikan dari penampakan fisik tubuhnya, misalnya saja keadaan kulit.

Selain warna kulit, indikator kesehatan badan yang juga banyak digunakan ialah penampakan kuku.


Berikut ini beberapa keadaan pada kuku yang memiliki kaitan dengan kondisi kesehatan si pemilik kuku:

Bintik Putih pada Kuku


Bintik putih yang terlihat pada kuku mengindikasikan bahwa minor stress berat telah terjadi. Seseorang kerap mengaitkan bintik putih pada kuku dengan defisiensi kalsium, padahal yang sesungguhnya bukanlah menyerupai itu. Bintik putih tidak ada kaitannya sama sekali dengan kekurangan kalsium.

Perubahan Warna Gelap pada Kuku


Jika Kamu menjumpai terjadinya perubahan warna menjadi gelap pada kuku, maka Kamu harus segera mengunjungi dokter untuk memeriksanya. Biasanya perubahan warna gelap menandakan adanya melanoma, yaitu bentuk kanker kulit yang harus diwaspadai.

Adanya Lekukan pada Kuku


Jika pada kuku terlihat adanya lekukan yang biasanya lebih dari satu, maka mampu jadi itu merupakan mengambarkan dari kondisi psoriasis. Psoriasis ialah penyakit peradangan kronis pada kulit. Selain psoriasis, lekukan pada kuku juga mampu menandakan adanya kelainan pada jaringan penghubung, alopecia areata (penyakit yang menjadikan hilangnya rambut atau kerap disebut kebotakan), ataupun sarcoidosis (penyakit yang menjadikan terjadinya peradangan pada jaringan tubuh). Segala kondisi peradangan pada permukaan atau area dangkal di jaringan kulit (dermatitis) dapat menjadikan terjadinya lekukan pada kuku.

Kuku Clubbing


Keadaan menyerupai ini digambarkan dengan membesarnya ujung jari dan kuku tampak menyerupai melengkung dan mengarah ke bawah. Dari sisi kesehatan, keadaan kuku yang menyerupai itu mengindikasikan rendahnya kadar oksigen di dalam darah dan juga berafiliasi dengan penyakit paru-paru. Selain itu, kuku clubbing juga terkait dengan penyakit liver atau ginjal, penyakit jantung, penyakit radang usus, dan AIDS.

Kuku Kuning


Kuku menguning biasanya muncul kala disertai oleh penuaan, selain itu juga mampu disebabkan oleh penggunaan cat kuku ataupun oleh merokok. Hal lain yang mungkin menjadikan berubahnya kuku menjadi kuning ialah adanya jerawat jamur. Ada juga yang mengaitkan kuku menguning karena aneka macam kondisi kesehatan, menyerupai penyakit tiroid, diabetes, psoriasis atau penyakit pada pernafasan.

Kuku Kering, Pecah atau Rapuh


Tanda yang menyerupai ini terkait dengan gaya hidup ataupun kebiasaan sehari-hari, semisal hidup di kawasan dengan kelembaban rendah atau jawaban terpapar banyak materi kimia dikala sering menggunakan penghilang cat kuku. Juga mampu disebabkan oleh defisiensi vitamin A, C ataupun B7.

TIPS Agar KUKU Kuat dan Sehat

Saat kini sudah mengetahui aneka macam gejala yang dapat muncul pada kuku dan kaitannya dengan kondisi kesehatan, maka wajar kalau di dikala yang sama kesadaran untuk menjaga kuku biar senantiasa sehat juga muncul. Nah, berikut ini beberapa tips yang mampu dilakukan biar kuku berpengaruh dan sehat:

– Hindari kebiasaan menggigit-gigit atau mencongkel-congkel kuku.

– Senantiasa menjaga biar kuku bersih dan kering.

– Jangan memindahkan kutikula pada kuku Kamu, atau membersihkannya terlalu dalam sehingga dapat menjadikan luka yang dapat berakibat lanjut ke infeksi.

– Untuk menjaga kuku senantiasa sehat, maka aplikasikanlah pelembap pada kuku Kamu dan kutikulanya setiap hari. Krim yang mengandung urea, fosfolipid ataupun asam laktat dapat mencegah terjadinya pecah-pecah pada kuku Kamu.

– Hindari untuk mencongkel kuku yang tumbuh ke dalam, biasanya kuku yang menyerupai itu dijumpai pada kuku jempol kaki. Jika kuku yang tumbuh ke dalam itu sudah sangat mengganggu, maka Kamu mampu memeriksanya ke dermatologis.

– Jangan gunakan produk penghapus cat kuku (nail polish) yang mengandung aseton ataupun formaldehida.

– Jika acara perawatan kuku (manicure) sering Kamu lakukan, maka sebaiknya Kamu menggunakan peralatanmu sendiri. Oleh karena itu, alangkah baiknya Kamu membawa peralatan kuku itu kemana pun Kamu pergi.

– Konsumsilah makanan dengan nutrisi seimbang dan vitamin yang mengandung vitamin B7 atau biotin.

– Jika Kamu kerap menggunakan kuku buatan, maka Kamu harus secara teratur memeriksanya karena khawatir ada perubahan warna menjadi hijau, hal itu merupakan indikasi terjadinya infeksi.

Tolong bagikan informasi ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

Artikel Terkait

Dengan Cara Ini Anda Bisa Melihat Kesehatan Tubuh dari Kuku Anda
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email