Rabu, 18 Oktober 2017

Mengetahui Fungsi Ginjal dan Bahaya Penyakit Ginjal

Saai ini aku akan membuktikan secara mendetail mengenai ginjal.Mengapa kita harus mengetahui hal tersebut? Karena ginjal merupakan salah satu organ dalam badan yang sangat penting. Dengan mengetahui dasar - dasar ginjal kita mampu mencegah banyak sekali macam penyakit yang sangat rawan sekali myerang kita. Slain itu, biar kita mampu segera menghubungi dokter jikalau sekiranya ginjal kita kurang berfungsi dengan baik. Nah untuk lebih lanjutnya kita eksklusif saja ke pengertiannya.




Ginjal

Saai
Ginjal

Ginjal ialah sistem pengeluaran (ekskresi) dalam vetebrata yang bentuknya menyerupai dengan kacang sebagai adegan dari urin, ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran terutama di kawasan urea , ginjal menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama air dalam bentuk air seni (urin). Cabang dar ilmu kedokteran yang memepelajari ginjal dan penyakitnya disebut dengan nefrologi.

Letak ginjal di dalam badan manusia

Manusia pastinya mempunyai sepasang ginjal yang terletak dibelakang perut atau abdomen. Ginjal terletak disebelah kanan dan kiri tulang belakang dibawah hati dan limpa. Ginjal terdapat kelenjar adrenal yang disebut dengan kelenjar suprarenal, kedua ginjal terletak disekitar vertebra T12 hinggal L3. Ginjal kanan berada sedikit dibawah ginjal kiri untuk member tempat kepada hati dan adegan atas ginjal terlindungi oleh tulang iga le sebelas dan dua belas. Kedua ginjal tersebut dibungkus oleh kedua lapisan lemak yang disebut dengan lemak parirenal dan lemak pararenal yang membantu untuk meredam goncangan bervariasi tergantung dengan jenis kelamin, umur, serta ada atau tidaknya ginjal pada sisi lain.

Vaskularisasi

Aliran darah pada ginjal berasal dari arteri renalis yang merupakan cabang eksklusif dari aorta abdominalis, sedangkan yang mengaliri darah balik ialah vena renalis ang merupakan cabang vena kava inferior. Sistem arteri ginjal, tidak ada anastomosis ke cabang arteri lain. 

Organisasi

Bagian paling luar ginjal disebut dengan korteks, adegan lebih dalam disebut dengan medulla, adegan paling dalam lagi disebut dengan pelvis, pada adegan medulla ginja insan dapat dilihat pula adanya piramida yang merupakan bukan susukan pengumpul. Ginjal dibungkus dengan jaringan fibros tipis yang mengkilap dan disebut dengan kapsula fibrosa ginjal dan diluar kapsul ini terdapat pada jaringan lemak parirenal. Dan di sebelah atas ginjal terdapat kelenjar adrenal. Ginjal dan kelenjar adrenal dibungkus dengan fasia gerota. Unit fungsional dasar pada ginjal ialah nefron yang mampu mencapai satu juta buah dalam satu ginjal pada insan dewasa. Nefron berfungsi sebagai regulator air dan zat terlarut terutama elektrolit dalam badan dengan cara menyaring darah yang kemudian mereabsorpsi cairan dan molekul yang masih dibutuhkan tubuh, dan sisa cairan yang tidak dipakai ditubuh dibuang.

Fungsi ginjal bagi manusia 


1.Menyaring Darah

Tahukah anda, setiap makanan yang anda konsumsi akan melalui tahap atau proses pencernaan.

Seperti yang sudah aku jelaskan diatas bahwa fungsi ginjal untuk menyaring kontoran yang berada di darah. 

2.Mengekresikan zat zat yang merugikan bagi tubuh

Ginjal akan mengekresikan zat-zat yang merugikan urat, amoniak, kreatinin, garam anorganik, bakteri, dan juga obat-obatan.

3.Memperoses ulang zat

Ginjal akan mengembalikan zat zat yang masih berkhasiat bagi badan dan kembali kealiran darah.

4.Mengatur keseimbangan kandungan kimia dalam darah

Salah satu pola yaitu mengatur kadar garam didalam darah

Karena ginjal merupakan salah satu organ vital yang harus terjaga kinerjanya, setiap hari Anda harus memberi nutrisi cukup biar organ ini bekerja sebagaimana mestinya. Ginjal mengatur setiap tetes cairan salam badan kita menyerupai air, garam, darah,. Maka dari itulah ginjal sangat penting, apalagi dalam proses pembentukan air kemih dan produksi sel darah merah.

Jika kita kurang berhati - hati dalam menjaga ginjal, mampu saja kita akan mengidap penyakit serius. contohnya saja ini ada beberapa penyakit yang dapat menyerang ginjal :

Penyakit Berbahaya Akibat Ginjal

1. Batu Ginjal

Apabila badan kekurangan cairan, dan dibiarkan secara terus menerus mampu saka kandung kemih menjadi kerh. Setelah kekeruhan banyak zat yang dihasilkan badan (biasanya ada dalam air seni) yang membentuk kerikil - kerikil kecil dan sulit dikeluarkan alasannya ialah karena kekurangan cairan. Akhirnya terjadilah penyumbatan pada susukan ginjal dan itulah yang biasa kita sebut kerikil ginjal.

2. Infeksi Ginjal

Infeksi Ginjal mampu terjadi apabali pada susukan kemih terdapat basil atau kumah sehingga akan menimbulkan suatu infeksi. salah satu cirinya sakit dikala buang air kecil. Bisa juga diakibatkan oleh kerikil ginjal. Apabila anda mengalami infeksi ginjal mampu saja akan terasa nyeri dipinggang dan  demam menggigil.

3. Radang Ginjal

Radang Ginjal mampu terjadi keika penyaring ginjal atau yang biasa disebut Glomerulus. Kerusakan ini mampu mngakibatkan nyeri yang luar biasa ketika ingin buang air kecil. Bahkan mampu saja mengeluarkan cairan putih.

4. Radang Kandung Kemih

Penyakit ini sering disebut "Sistisis" ciri - ciri mampu kita lihat kalau kita buang air kecil sedikit serasa nyeri dan panas. Bakan untuk gejala yang lebih parah mampu hingga kencing bersarah. Berarti mampu saja terjadi peradangan dibagian penampungan akgir air seni.

5.  Sindrom Nefrotik (Nefrosis)

Terjadinya kebocoran pada penyaringan ginjal sehingga menimbulkan zat putih telur ikut keluar bersama urin dalam jumlah yang banyak. karenanya darah menjadi kekurangan protein dan air senipun menjadi berbusa. Selain itu, akan terjadi pembengkakan dibagian - adegan tertentu. Hal ini sangat berbahaya jadi harus segera diobati.

6. Gagal Ginjal

Ini ialah penyakit ginjal terburuk dan paling berbahaya alasannya ialah dapat menimbulkan kematian. Banyak sekali hal yang mampu menyebabkan gagal ginjal. Makara ketika seseorang mengidap gejala gagal ginjal maka harus segera dibawa kedokter dengan peralatan yang lengkap.

Ternyata penyakit ginjal itu beraneka ragam. yang paling umum dijumpai ialah kerikil ginjal. Makara anda harus waspada dan menjaga ginjal supaya selalu sehat. Jangan hingga setelah sakit gres dirawat. yang terpenting perbanyaklah minum air putih. Nah segitu dulu ya artikel untuk hari ini mengenai Pengertian, Fungsi dan Penyakit Ginjal. Jika ada hal yang ingin ditanyakan ataupun ada hal yang dibagi dengan pembaca yang lain silahkan isi kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung.

Sumber https://inkesehatan.blogspot.com/

Artikel Terkait

Mengetahui Fungsi Ginjal dan Bahaya Penyakit Ginjal
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email