Selasa, 18 April 2017

Jangan Lagi Merebus air yang Sudah Matang, Ini Bahayanya !!!


ResepsehatBunda - Merebus air untuk mensterilkan dari kuman dan basil berbahaya ialah hal dianjurkan untuk kesehatan. Akan tetapi, bila Anda punya kebiasaan memanaskan lagi air yang telah matang untuk sekedar menyeduh minuman, ini ialah hal yang tidak dianjurkan sebab mampu membahayakan kesehatan.

Memanaskan lagi air yang sebelumnya sudah mencapai titik didih, akan menghasilkan beberapa zat beracun. Dilansir laman Goody Feed, hal ini hanya berlaku bila Anda menggunakan air tanah secara langsung.


Air tanah mengandung mineral, gas alam, serta zat kimia yang akan berubah komposisi dan sifatnya dalam proses perebusan sampai mendidih. Jika direbus kembali, maka akan terjadi lagi perubahan bentuk zat yang disebut beracun.

Berbeda bila Anda merebus lagi air hasil penyulingan atau air dengan proses deionisasi. Air ini lebih aman bila hendak direbus kembali.

Tidak menghasilkan zat beracun, menyerupai nitrat, arsenin dan fluorida yang dihasilkan oleh air tanah yang direbus berulang kali.

Nitrat yang dipanaskan berkali-kali akan bermetamorfosis nitrosamine, serta bersifat karsinogenik atau memicu kanker.

Beberapa penelitian menghubungkan zat nitrosamine dengan kanker darah atau leukimia, juga limfoma dan beberapa jenis kanker lainnya.

Untuk arsenik, sudah diketahui ialah termasuk racun yang dalam jumlah sedikit akan memicu kanker, penyakit jantung, ketidaksuburan dan duduk perkara saraf. Masalah ginjal juga dikhawatirkan akan timbul, ditambah dengan resiko penyakit kerikil empedu.

Sementara zat fluorida diyakini akan merusak tumbuh kembang susunan saraf serta kognitif. Untuk mencegah banyak sekali resiko berbahaya tersebut, sebaiknya rebus air hanya sekali saja.

Tolong bagikan isu ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

Artikel Terkait

Jangan Lagi Merebus air yang Sudah Matang, Ini Bahayanya !!!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email