Senin, 27 Maret 2017

Inilah Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


ResepsehatBunda - Sudah wajib hukummnya bagi yang beragama Islam untuk menunaikan ibadah sholat 5 waktu.

Gerakan-gerakan sholat ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Setiap gerakan memiliki keunggulan masing-masing yang, intinya adanya rangsangan sel dan peredaran darah dalam tubuh semoga bekerja lebih optimal.


Berikut gerakan-gerakan sholat yang baik bagi kesehatan:

1. Takbiratul ihram

Gerakan ini dilakukan pada permulaan salat. Dengan bangun tegap, mengangkat kedua tangan, lalu disedekapkan di depan dada. Gerakan ini akan mambuat pernapasan menjadi lancar dan teratur. Selain itu, otot kedua tangan serta pundak akan berkontraksi, sehingga lebih berpengaruh dan kencang.

2. Rukuk

Gerakan ini dilakukan dengan membengkokkan tubuh ke arah depan, sehingga kedua tangan bertumpu pada tumit. Saat gerakan rukuk dilakukan, otot di sekitar punggung sampai pantat akan mengalami kontraksi. Sementara itu, pedoman darah terutama pada bab tubuh atas akan lebih terasa lancar. Kedua tangan yang memegang tumit juga akan tertarik, sehingga lebih kencang.

3. Sujud

Gerakan ini dilakukan dengan cara meletakkan bab kepala ke bantalan lantai, sampai dahi dan ujung hidung menyentuh bantalan lantai. Sementara itu, jari-jari kaki dibengkokkan dan kedua telapak tangan juga menyentuh bantalan lantai. Sehingga pedoman darah ke kepala akan mengalir dengan optimal.

4. Memaksimalkan fungsi otak

Seseorang yang bersujud dengan benar dan relatif lama dengan teratur tidak menutup kemungkinan mampu lebih cerdas dan kreatif. Gerakan sujud juga membuat otot dari leher sampai kaki akan bereaksi dan berkontraksi, sehingga akan lebih berpengaruh dan kencang.

5. Duduk

Gerakan duduk di mana pantat dan paha bertumpu pada bab kaki bawah. Hal ini akan menimbulkan otot kaki menekan sehingga peredaran darah akan terpompa lebih maksimal. Jika dilakukan secara teratur, gerakan duduk dalam sholat ini dapat mencegah penyakit linu atau nyeri pada bab kaki.

6. Salam

Gerakan ini dilakukan dengan sederhana, ialah hanya memutar kepala ke kanan dan ke kiri sampai melihat ke belakang, sekali saja. Namun demikian, jikalau dilakukan dengan benar akan membuat otot di bab leher akan lebih terlatih dan kencang dan peredaran darahnya juga akan lancar.

Begitu tepat bukan manfaat sholat bagi kehidupan kita. Selain menerima pahala sholat juga akan membuat tubuh kita jauh lebih sehat tanpa kita harus melaksanakan pekerjaan yang melelahkan. Justru sholat akan mendatangkan kenikmatan yang luar biasa dalam hidup kita.

Tolong bagikan informasi ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.


Artikel Terkait

Inilah Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email